Tuliskan 6 makna dari istilah Kognitif dan psikomotorik
1. Tuliskan 6 makna dari istilah Kognitif dan psikomotorik
Jawaban:
Kognitif
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Ranah kognitif memiliki enam jenjang atau aspek, yaitu:
Pengetahuan ( Knowledge)
Aspek ini adalah aspek yang mendasar yang merupakan bagian dari aspek kognitif. mengacu kepada kemampuan untuk mengenali dan mengingat materi – materi yang telah dipelajari mulai dari hal sederhana hingga mengingat teori – teori yang memerlukan kedalaman berpikir. Juga kemampuan mengingat konsep, proses, metode, serta struktur.
Pemahaman ( Comprehension)
Aspek ini lebih tinggi daripada aspek pengetahuan. Mengacu kepada kemampuan untuk mendemonstrasikan fakta dan gagasan dengan mengelompokkan, mengorganisir, membandingkan, memberi deskripsi, memahami dan terutama memahami makna dari hal – hal yang telah dipelajari. Memahami suatu hal yang telah dipelajari dalam bentuk translasi (mengubah bentuk), interpretasi (menjelaskan atau merangkum), dan ekstrapolasi (memperluas arti dari satu materi).
Penerapan ( Application)
Tujuan dari aspek ini adalah untuk menerapkan materi yang telah dipelajari dengan menggunakan aturan serta prinsip dari materi tersebut dalam kondisi yang baru atau dalam kondisi nyata. Juga kemampuan menerapkan konsep abstrak dan ide atau teori tertentu. Penerapan merupakan tingkat yang lebih tinggi dari kedua aspek sebelumnya yaitu pengetahuan dan pemahaman.
analisis (analisa)
Menganalisa melibatkan pengujian dan pemecahan informasi ke dalam beberapa bagian, menentukan bagaimana satu bagian berhubungan dengan bagian lainnya, mengidentifikasi motif atau penyebab dan membuat kesimpulan serta materi pendukung kesimpulan tersebut. Tiga karakteristik yang ada dalam aspek analisa yaitu analisa elemen, analisa hubungan, dan analisa organisasi.
Sintesis ( Synthesis)
Sintesis termasuk menjelaskan struktur atau pola yang tidak terlihat sebelumnya, dan juga mampu menjelaskan mengenai data atau informasi yang didapat. Dengan kata lain, aspek sintesis meliputi kemampuan menyatukan konsep atau komponen sehingga dapat membentuk suatu struktur yang memiliki pola baru. Pada aspek ini diperlukan sisi kreatif dari seseorang atau anak didik.
Evaluasi (Evaluation)
Adalah kemampuan untuk berpikir dan memberikan penilaian serta pertimbangan dari nilai – nilai materi untuk tujuan tertentu. Atau dengan kata lain, kemampuan menilai sesuatu untuk tujuan tertentu. Evaluasi ini dilakukan berdasarkan kriteria internal dan eksternal.
Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang. Keterampilan yang akan berkembang jika sering dipraktekkan ini dapat diukur berdasarkan jarak, kecepatan, kecepatan, teknik dan cara pelaksanaan. Dalam aspek psikomotorik terdapat tujuh kategori mulai dari yang terendah hingga tertinggi:
Peniruan
Kategori ini terjadi ketika anak bisa mengartikan rangsangan atau sensor menjadi suatu gerakan motorik. Anak dapat mengamati suatu gerakan kemudian mulai melakukan respons dengan yang diamati berupa gerakan meniru, bentuk peniruan belum spesifik dan tidak sempurna.
Kesiapan
Kesiapan anak untuk bergerak meliputi aspek mental, fisik, dan emosional. Pada tingkatan ini, anak menampilkan sesuatu hal menurut petunjuk yang diberikan, dan tidak hanya meniru. Anak juga menampilkan gerakan pilihan yang dikuasainya melalui proses latihan dan menentukan responsnya terhadap situasi tertentu.
Respon Terpimpin
Merupakan tahap awal dalam proses pembelajaran gerakan kompleks yang meliputi imitasi, juga proses gerakan percobaan. Keberhasilan dalam penampilan dicapai melalui latihan yang terus menerus.
Mekanisme
Merupakan tahap menengah dalam mempelajari suatu kemampuan yang kompleks. Pada tahap ini respon yang dipelajari sudah menjadi suatu kebiasaan dan gerakan bisa dilakukan dengan keyakinan serta ketepatan tertentu.
Respon Tampak Kompleks
Ini tahap gerakan motorik yang terampil yang melibatkan pola gerakan kompleks. Kecakapan gerakan diindikasikan dari penampilan yang akurat dan terkoordinasi tinggi, namun dengan tenaga yang minimal. Penilaian termasuk gerakan yang mantap tanpa keraguan dan otomatis.
Adaptasi
Pada tahap ini, penguasaan motorik sudah memasuki bagian dimana anak dapat memodifikasi dan menyesuaikan keterampilannya hingga dapat berkembang dalam berbagai situasi berbeda.
Penciptaan
Yaitu menciptakan berbagai modifikasi dan pola gerakan baru untuk menyesuaikan dengan tuntutan suatu situasi. Proses belajar menghasilkan hal atau gerakan baru dengan menekankan pada kreativitas berdasarkan kemampuan yang telah berkembang pesat.
2. menjelaskan makna kognitif adalah
Jawaban:
kognitif adalah sebuah istilah yang digunakan oleh psikolog untuk menjelaskan semua aktifitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan ...
3. jelaskan makna dari kata kognitif
gaun warna pink yang dihiasi oleh pernak pernik
4. jelaskan defenisi kognitif
Secara umum kognitif diartikan potensi intelektual yang terdiri dari tahapan : pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehention), penerapan (aplication), analisa (analysis), sintesa (sinthesis), evaluasi (evaluation). Kognitif berarti persoalan yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional (akal).
Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain.
5. Pertanyaan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah a kemampuan berkomunikasi b kemampuan berinteraksi c kemampuan mengemukakan pendapat d kemampuan untuk memecahkan masalah e kemampuan untuk mengintegrasikan diri
Jawaban:
d. kamampuan untuk memecahkan masalah
Penjelasan:
Semoga Membantu
6. 4.a) jelaskan makna kata "potensi" dan "kognitif"
Jawaban:
Makna kata potensi dan kognitif adalah:
Arti potensi
1.kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya.
Arti kognitif
2.berhubungan dengan atau melibatkan kognisi, berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris.
Penjelasan:
Semoga membantu
7. Kenapa makna denotatif disebut juga makna denotasonal, makna kognitif, makna konseptual, makna ideasional, makna referensial ? Berikan contohnya ?
makna denotatif disebut maka konseptual, makna denotasional atau makna kognitif karena dilihat dari sudut yang lain. Pada dasarnya sama dengan makna referensial sebab makna denotasi ini lazim diberi penjelasan sebagai makna yang sesuai dengan hasil menurut penglihatan, penciuman, pendengaran, perasaan, atau pengalaman lainnya.
8. salah satu proses kognitif adalah menganalisis yang maknanya adalah
Salah satu bentuk dari proses kognitif yaitu ialah menganalisis yang dimana maknanya yaitu ialah memecahkan sebuah materi ke dalam bagian-bagian dan juga telah menentukan tentang bagaiamanakan sebuah bagian tersebut dapat terhubung antar bagian.
PembahasanProses kognitif yaitu ialah sebuah proses berpikiran yang telah dilakukan oleh seseorang ataupun proses yang dilakukan untuk dapat mengolah sebuah informasi yang telah diterima.
Informasi yang telah diterima tersebut telah dioleh ke dalam memori untuk dapat menjadi sebuah pengetahuan dalam otak masing-masing manusia.
Perkembangan kognitif ini dapat dipelajari dengan melalui sebuah proses mental dan juga persepsi sensorik masing-masing manusia. Jenis-jenis dari proses kognitif ini telah meliputi cara mengingat, berpikir, memecahkan masalah, mengetahui, dan juga menilai.
Pelajari lebih lanjut1. Materi tentang proses kognitif https://brainly.co.id/tugas/20937339
2. Materi tentang proses kognitif https://brainly.co.id/tugas/30170458
3. Materi tentang proses kognitif https://brainly.co.id/tugas/21327122
-----------------------------
Detil jawabanKelas: 3
Mapel: B. Indonesia
Bab: Bab 8 - Pendidikan
Kode: 3.1.8
#TingkatkanPrestasimu
9. 3. Pancasila merupakan kerangka kognitif dalam identifikasi diri sebagai bangsa. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut dan berikan contohnya
Jawaban:
Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam identifikasi diri sebagai bangsa. Pancasila harus diletakkan sebagai kerangka berfikir yang objektif rasional dalam membangun kepribadian bangsa. Oleh sebab itu perlu dikembangkan budaya ilmu pengetahuan dalam memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Penjelasan:
10. 4. Tuliskan gagasan pokok pada teks diatas5. Tuliskan 6 makna dari istilah a. Kognitif b. Psikomotorik
Jawaban:
Jawaban no.4gagasanpokok:indonesiamemilikibanyaktarianyangmenampilkangerakanyangindahJawabanno.5●6maknaistilahkognitifyaitu;*Pengetahuan*Pemahaman*Penerapan*analisis*sintesis●6maknaistilahpsikomotorik*Peniruan*Kesiapan*Responterpimpin*Mekanisme*Respontampakkompleks*AdaptasiPenjelasan:
Maaf kalau salah11. apa makna kata kualitas,kontroversi,kompetisi,kognitif?
Kualitas : Kadar atau tingkat baik-buruknya sesuatu
Kontroversi : Perdebatan, persengketaan, pertentangan
Kompetisi : Persaingan untuk merebut atau memenangkan perlombaan
Kognitif : Berhubungan dengan atau melibatkan kognisi- Kualitas : tingkat baiknya buruknya sesuatu
- Kontroversi : 1) perdebatan 2) persengketaan; pertentangan
- Kompetisi : persaingan
- Kognitif : 1) berhubungan dengan atau melibatkan kognisi. 2) berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris
12. makna teori kognitif
Jawaban:
Teori kognitif merupakan cabang dari psikologi yang mempelajari cara berfikir dan proses pembelajaran manusia. Teori kognitif memandang manusia sebagai sistem kompleks yang memproses informasi dari lingkungannya, membuat keputusan, dan belajar dari pengalaman. Teori ini berfokus pada cara berfikir dan proses mental, seperti bagaimana orang memperoleh, menyimpan, mengolah, dan menggunakan informasi. Ini juga mempelajari proses pembelajaran dan bagaimana orang dapat berubah dengan memproses informasi baru.
Jawaban:
teori kognitif berkembang pada abad 20-an secara sederhana teori ini menggambar bahwa belajar adalah proses seperti pemahaman , mengingat, mengelola informasi,probelom -solving, analisis,perkediksi,dan perasaan
Penjelasan:
semoga membantu
13. apa pengertian makna kognitif?
Makna kognitif adalah makna yang ditunjukkan oleh acuannya, makna unsure bahasa yang sangat dekat hubungannya dengan dunia luar bahasa, objek atau gagasan dan dapat dijelaskan berdasarkan analisis komponennya.kognitif berarti persoalan yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional (akal).
#maaf kalau salah.
semoga membatu
14. pengertian makna kognitif beserca contohnya
Makna kognitif disebut juga makan deskriptif atau denotative adalah makna yang menunjukkan adanya hubungan antara konsep dengan dunia kenyataan. Makna kognitif adalah makna lugas, makna apa adanya. Makna kognitif mengacu pada bentuk-bentuk yang makna kognitifnya khusus, antara lain itu, ini, ke sana, ke sini, numeralia, antara lain satu, dua, tiga dan termasuk pula partikel yang memiliki makna relasional, antara lain dan (aditif), atau (alternatif), tetapi ( kontrastif). Makna kognitif adalah makna sebenarnya, bukan makna kiasan atau perumpamaan. Contoh :
(1) Bapak itu seorang rentenir yang kejam.
(2) Pohon bermakna tumbuhan yang memiliki batang dandaun dengan bentuk yang tinggi, besar, dan kokoh, kadang-kadang bercabang, kadang-kadang tidak.
15. sebutkan makna kognitif
makna kognitif yaitu mengingat
kalau salah maaf ya...kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak).
16. Jelaskan bagaimana proses suatu pernyataan seseorang dapat mempengaruhi orang lain pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik
Jawaban:
dapat di lihat dari pergaulan sehari haru
17. makna orientasi yang bersifat kognitif terhadap sistem politik
Persatuan dan kesatuan bangsa yg menetapkan UUD sebagau dasar negara
18. arti dan makna struktur kognitif
Struktur Kognitif, ialah keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian di alam sekitar.
19. mohon bantuannya bagi yg paham apa itu makna kata kognitif pada teks di atas.
Jawaban:
Kognisi adalah keyakinan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu.
Penjelasan:
1 berhubungan dengan atau melibatkan kognisi
2 berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris
Semoga membantu ya
20. Apakah kognitif dan humanisme mempunyai pandangan yang sama dengan belajar bermakna?
Jawaban:
4 Teori Belajar (Behavioristik, Kognitif, Konstuktivisme, & Humanistik) – Belajar sangatlah penting dalam kehidupan. Selama manusia masih menghembuskan napas maka manusia akan terus belajar. Pada dasarnya ketika belajar kita tidak bisa melakukannya dengan sendiri. Dengan kata lain, ketika belajar kita membutuhkan orang lain untuk mengajarkannya.
Jika digambarkan, belajar itu seperti bayi yang sedang mencoba untuk berjalan, makan, duduk, dan lain sebagainya. Secara naluriah bayi akan bisa melakukan aktivitas-aktivitas seperti itu, tetapi diperlukan manusia lain untuk mengajarkannya agar aktivitas-aktivitas itu dilakukan dengan baik. Dengan bantuan manusia lain maka bayi akan memaksimalkan kepandaiannya yang akan bermanfaat bagi kehidupannya di kemudian hari.
“Belajar” dalam dunia pendidikan merupakan konsep pengetahuan yang banyak dilakukan oleh pendidik. Guru yang berperan sebagai pendidik atau pengajar akan berusaha menyampaikan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya atau peserta didik dengan sungguh-sungguh dan giat. Satu hal yang perlu diketahui dari proses belajar mengajar adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bertambahnya ilmu pengetahuan hanya salah satu bagian kecil dari kegiatan untuk membentuk kepribadian seutuhnya.
Dalam proses belajar ada yang namanya teori belajar. Teori belajar dapat membantu guru atau pendidik untuk mendidik dan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada murid atau peserta didik.
Namun, ada beberapa guru yang lebih suka mengajar berdasarkan pengalaman saat belajar. Maksudnya, dalam beberapa kasus, guru sudah menemukan cara jitu untuk mendidik dan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya tanpa harus mengetahui teori belajar.
Pada dasarnya teori belajar sangatlah banyak, tetapi teori belajar yang sering digunakan oleh beberapa guru atau pendidik ada empat, yaitu teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, dan teori belajar humanistik. Simak penjelasan lebih lanjut tentang empat teori belajar tersebut.
Kognitif dan humanis keduanya memiliki pandangan yang sama terhadap suatu konsep belajar bermakna.
Penjelasan:
Beberapa pendapat scientist mengenai arti kognitif antara lain:
1. Williams dan Susanto
Kognitif merupakan cara seseorang bertingkah laku, bertindak, dan cepat lambatnya individu saat memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
2. Piaget
Kognitif menunjukkan bagaimana seorang anak beradaptasi dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.
3. Neisser
Kognitif dapat diartikan sebagai perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan yang dilakukan oleh manusia.
4. Gagne
Kognitif adalah sebuah proses internal yang terjadi di dalam pusat susunan saraf ketika seseorang sedang berpikir.
5. Drever
Kognitif merupakan istilah yang melingkupi metode pemahaman, yakni persepsi, penilaian, penalaran, imajinasi, dan penangkapan makna oleh manusia.
Sementara humanisme sendiri adalah sikap hidup yang demokratis dan etis yang menitikberatkan bahwa manusia punya hak dan tanggung jawab untuk memberi makna dan bentuk pada kehidupannya sendiri.
Sehingga kedua istilah di atas baik kognitif dan humanis memiliki pandangan yang sama terhadap konsep belajar memaknai kehidupan manusia.
Pelajari lebih lanjut mengenai teori kognitif dan humanis di sini
https://brainly.co.id/tugas/6375424
https://brainly.co.id/tugas/655277
#BelajarBersamaBrainly#
0 تعليقات