Lembar Konsep Surat


Lembar Konsep Surat

apa perbedaan lembar disposisi dan lembar konsep surat

Daftar Isi

1. apa perbedaan lembar disposisi dan lembar konsep surat


Perbedaan lembar disposisi dan lembar konsep surat adalah

Lembar disposisi  merupakan lembar isian untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain.

Sedangkan lembar konsep surat merupakan draft sebelum pengetikan menggunakan komputer agar tidak terjadi banyak kesalahan.


Pembahasan

Lembar disposisi

adalah lembar isian untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain. Orang yang ditunjuk oleh pimpinan untuk menindaklanjuti surat yang dimaksud akan menangani surat berdasarkan instruksi pimpinan tersebut.

Lembar disposisi secara umum berisi informasi nonverbal untuk diterjemahkan secara seksama dan ditindaklanjuti. Disposisi merupakan petunjuk singkat tentang tindak lanjut (penyelesaian) terhadap suatu urusan atau surat masuk. Disposisi dibuat oleh pimpinan untuk staf atau bawahan sesuai dengan bidang keahlian atau kewenangannya. Tujuan pembuatan disposisi ialah agar staf dapat menindaklanjuti atau menyelesaikan suatu urusan atau surat masuk sesuai dengan yang dikehendaki oleh pimpinan. Tindak lanjut dapat berupa surat balasan, tindakan-tindakan lain dalam rangka menyelesaikan urusan tersebut.

Sebelum diserahkan kepada pimpinan, surat masuk terlebih dahulu dikendalikan oleh bagian administrasi dan diberi lembar disposisi. Pengisian lembar disposisi yang menyangkut masalah pengagendaan seperti indeks, kode, nomor urut, dan data-data tentang surat dilakukan oleh bagian administrasi. Indeks, kode, dan nomor urut berisi kata/sandi yang bisa digunakan untuk merunut kembali dimana letak surat tersebut dalam agenda atau pengarsipan.

Selanjutnya pimpinan mendisposisikan siapa yang diberi tugas atau tanggung jawab untuk menindaklanjuti, serta bagaimana intruksi-intruksinya.

Di bawah ini akan dilampirkan contoh lembar disposisi.

Lembar konsep surat

Konsep surat sering disebut dengan draft. Saat pengetikan belum menggunakan komputer, untuk membuat surat harus dibuat dulu konsepnya secara tertulis, di atas kertas bergaris/kertas buram/lembar konsep surat. Hal ini karena jika langsung diketik terjadi banyak kesalahan. Saat ini mesin tik sudah tidak lagi menjadi alat yang populer karena sudah digantikan oleh komputer yang lebih canggih. Konsep yang ditulis tangan pun kini sudah mulai ditinggalkan, konsep surat sudah langsung diketik dengan komputer. Namun demikian, masih ada yang tetap menggunakan cara yang lama dengan membuat konsep ditulis tangan, kemudian diketik dengan menggunakan komputer.

Bila konsep sudah mendapat persetujuan dari pimpinan, maka pimpinan akan memberi tanda / paraf (acc) pada konsep tersebut. Selanjutnya dicatat ke dalam buku agenda surat keluar untuk diregistrasi atau didaftarkan. Kemudian dapat diserahkan kepada juru tik untuk diketik dengan rapi. Jangan lupa untuk mengetik juga sampul surat yang akan digunakan.

Juru ketik harus memeriksa pengetikannya sebelum surat tersebut diprint atau dicetak. Setelah surat sudah selesai diketik dengan rapi, maka pejabat yang berwenang atau bertanggungjawab terhadap surat tersebut dan membubuhkan tanda tangan di atas nama terang. Selanjutnya diberi cap dinas/stempel sebagai tanda sahnya surat. Pemberian cap dinas dibubuhkan di sebelah kiri tanda tangan dengan menyinggung sedikit dari tanda tangan tersebut.  Kemudian surat dapat dikirimkan ke tujuan.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang yang dimaksud lembar disposisi brainly.co.id/tugas/6272971

2. Materi tentang yang berhak mengisi lembar disposisi brainly.co.id/tugas/272436

3. Materi tentang konsep surat brainly.co.id/tugas/7200124

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Detil Jawaban  

Kelas : XII (SMA)  

Mapel : Ekonomi

Bab : Surat Lamaran

Kode : 12.12.1

Kata kunci : lembar disposisi, lembar konsep surat, administrasi perkantoran


2. 1. Yang bertugas untuk mencatat surat keluar pada lembar pengantar disebut .... 2. Yang bertugas untuk menyimpan lembar pengantar pertama pada pengurusan surat keluar biasa sistem kartu kendali yaitu .... 3. Yang bertugas untuk menyimpan lembar pengantar hijau yang kedua yaitu .... 4. Yang bertugas untuk melipat surat, kemudian memasukan surat asli kedalam sampul surat ialah ..... 5. Yang bertugas untuk menyimpan tindasan surat yaitu .... 6. Yang bertugas untuk menyimpan konsep surat yang telah selesai diproses dan dikirim yaitu ....


Jawaban:

1, staf administrasi

2, mesin kendali

3,


3. 16. Dalam suatu kantor, setiap hari banyak surat/dokumen yang masuk. Surat/dokumenyang masuk, sebelum disimpan dicatat dalam ....a. Buku tulisb. Buku agendac. Buku klaperd. Buku simpane. Kertas17. Dalam suatu kantor, pencatatan surat masuk dilakukan dalam 1 buku dimana lembarkiri untuk mencatat surat masuk dan pada lembar kanan untuk mencatat surat keluar.Maka jenis buku agenda yang digunakan adalah….a. Buku agenda tunggalb. Buku agenda harianc. Buku agenda kembard. Buku agenda berpasangane. Buku agenda mingguan18. Dalam pengelolaan surat masuk, pencatatan pada buku agenda surat masuk memilikibeberpa ketentuan. Diantaranya adalah penulisan tanggal terima, pada buku Agendasurat masuk diisi …..a. Tanggal surat masuk + 2 harib. Tanggal surat keluarc. Tanggal suraat ditandatanganid. Tanggal surat dikodee. Tanggal surat dikirim19. Dalam penanganan surat masuk dengan system buku agenda setelah di sortir, suratselanjutnya….a. Dikirimb. Dicatatc. Disimpand. Diarahkane. Didistribusikan20. Suatu kantor memiliki 2 buku agenda untuk mencatat surat masuk dan surat keluarsecara terpisah. Buku agenda yang digunakan kantor tersebut adalah….A. Buku agenda tunggalB. Buku agendaC. Buku agenda kembarD. Buku agenda berpasanganE. Buku agenda surat21. Salah satu kegiatan pada pengeolaan arsip adalah mencatat surat masu ke dalam bukuagenda surat. Pencatatan surat masuk pada buku agenda bertujuan untuk….A. Mengesahkan isi suratB. Mengetahui volume surat masukC. Mendapatkan tanda tangan pimpinanD. Mendapat stempel dinasE. Sebagai bukti surat keluar22. Buku yang digunakan untuk menyampaikan surat ke luar perusahaan adalah….a. Disposisib. Ekspedisic. Kartu kendalid. Kartu indekse. Buku Agenda23. Jika surat akan disampaikan kepada relasi yang ada di luar negeri, jasa pengirimanyang sebaiknya digunakan adalah….a. Kurirb. JNEc. Sureld. TIKIe. POS24. Dalam proses pembuatan surat keluar, sebelum surat di ketik, langkah yang harusdilakukan oleh sekretaris adalah….a. Pembuatan konsepb. Pembuatan draftc. Draft dikoreksi oleh pimpinand. Persetujuan konsepe. Pengetikan surat25. Sebuah bank akan mengirimkan surat kepada salah satu nasabahnya. Surat tersebutberisi tentang tagihan atas tunggakan kredit nasabah tersebut. Maka amplop yangdigunakan adalah….a. Amplop putihb. Amplop berjendelac. Amplop air maild. Amplop coklate. Amplop berkop​


Jawaban:

16. b. Buku agenda

17. a. Buku agenda tunggal

18. e. Tanggal surat dikirim

19. a. Dikirim

20. d. Buku agenda berpasangan

21. e. Sebagai bukti surat keluar

22. b. Ekspedisi

23. c. Surel

24. a. Pembuatan konsep

25. a. Amplop putih

maaf kalo salah ^o^

4. 1. Salah satu keuntungan ruang kantor tertutup adalah…a. Mudah merubah tata letakb. Pekerjaan yang sifatnya rahasia dapat terjagac. Menghemat penggunaan penerangand. Mudah dalam pengawasane. Mudah dalam berkomunikasi dan berkoordinasi antar karyawan2. Dalam bentuk organisasi lini, kepala unit mempunyai yanggung jawab untuk melaporkan kepada … kepala unit diatasnya.a. Satub. Duac. Tigad. Empate. Semua3. Keseluruhan yang menunjukan hubungan antara fungsi-fungsi dan tanggung jawab individu yang memimpin atau bertanggung jawab atas masing-masing fungsinya disebut …a. Hubungan keorganisasianb. Penugasanc. Organisasid. Struktur organisasi e. Keorganisasian4. Program terarah, jelas dan cepat, serta kenaikkan pangkat pejabat fungsional cepat merupakan kebaikan dari struktur organisasi …a. Linib. Fungsionalc. Structural d. Sistematise. Gabungan5. Contoh surat yang harus ditangani secepat mungkin karena penerima harus cepat menanggapi dan menyelesaikannya adalah….a. Surat Panggilanb. Surat Penawaranc. Surat Pesanand. Surat Ucapan Hari Lebarane. Surat Ucapan Ulang Tahun6. Bentuk struktur organisasi dalam perusahaan yang menjelaskan adanya kewenangan dari pimpinan yang dilimpahkan kepada setiap kepala bagian yang memiliki jabatan fungsional dinamakan …a. Organisasi fungsionalb. Organisasi matriksc. Organisasi umumd. Organisasi khsususe. Organisasi perencanaan7. Salah satu fungsi administrasi adalah sebagai…a. Tata usahab. Manajerialc. Perwakiland. Perbekalane. Keuangan8. Kantor adalah tempat atau gedung yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tulis menulis dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Berikut ini bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sebuah kantor adalah …a. Mencatat, menyimpan, mengelola, dan mengiventarisasib. Menghimpun, menggandakan, mencetak, dan mengirimc. Menyimpan, memfotokopi dan mengimputd. Menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim, dan menyimpane. Mengelola, mencetak, mengetik, menyimpan dan membuat dokumen9. Kantor sebagai pemberi pelayanan komunikasi dan perekaman. Hal ini merupakan…a. Fungsi tata usaha kantorb. Unsur kantorc. Pengertian administrasid. Fungsi kantore. Tujuan kantor10. Kantor mempunyai beberapa fungsi. Berikut ini yang merupakan fungsi kantor adalah…a. Tata hubunganb. Memberi informasic. Analisisd. Perwakilane. Manajerial11. Manajemen kantor adalah pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti transportasi, manufacturing, pergudangan dan penjualan. Hal ini merupakan pengertian manajemen kantor menurut…a. George R. Terryb. William spriegel & Ernestc. William Leffingwelld. Arthur Granger12. Yang berhak untuk memberikan persetujuan terhadap konsep surat adalah....a. konseptorb. juru ketikc. sekretarisd. pimpinane. agendaris13. Edwin Robinson Menurut fungsinya, kegiatan administrasi perkantoran dapat dipandang sebagai sub-sistem dari suatu …a. Prosesb. Keluaranc. Lingkungan d. Umpan balike. Output14. Salah satu sarana dan fasilitas kerja perkantoran adalah…a. Waktub. Pelayanan kantorc. Biaya perkantorand. Kantore. Rumah15. Kualitas pekerjaan kantor Tugas personil administrasi keuangan sangat beragam seperti menghimpun, mencatatmengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan tujuan diadakannya kegiatan mengolah adalah …a. Untuk dicatat dan disusun kembali dalam bentuk tulisan b. Untuk digandakan sesuai dengan kebutuhanc. Menyajikan kembali informasi sehingga lebih bergunad. Menyampaikan informasi yang telah digandakan pada pihak yang memerlukane. Menyimpan informasi dengan aman16. Perlengkapan kantor yang berbentuk lembaran adalah…a. Formularb. Staplerc. Perforatord. Letter openere. Hechtmachine17. berikut ini yang termasuk dalam perencanaan perkantoran (office planning), yaitu…a. Waktub. Pelayanan kantorc. Biaya perkantorand. Pengorganisasian perkantorane. osis18. Keseluruhan yang menunjukan hubungan antara fungsi-fungsi dan tanggung jawab individu yang memimpin atau bertanggung jawab atas masing-masing fungsinya disebut …a. Hubungan keorganisasianb. Penugasan c. Organisasid. Struktur organisasi e. Keorganisasian19.. Anggaran (budgeting) perkantoran Dalam bentuk organisasi lini, kepala unit mempunyai yanggung jawab untuk melaporkan kepada … kepala unit diatasnya.f. Satug. Duah. Tigai. Empatj. Semua20. Bentuk struktur organisasi dalam perusahaan yang menjelaskan adanya kewenangan dari pimpinan yang dilimpahkan kepada setiap kepala bagian yang memiliki jabatan fungsional dinamakan …a. Organisasi fungsionalb. Organisasi matriksc. Organisasi umumd. Organisasi khsususe. Organisasi perencanaan​


jawaban 1:d.mudah dalam pengawasan

2.a.satu

3.c.organisasi

4.saya tidak tau

5.a.surat panggilan

6.a.organisasi fungsional

7.b.manajerial

8.e.Mengelola, mencetak, mengetik, menyimpan dan membuat dokumen

9.b.unsur kantor

10.b.Memberi informasi

Penjelasan:

maaf yah kalau yang lain saya belum belajar jadi saya isi apa yang saya tau maaf kalau salah


5. 1. Salah satu keuntungan ruang kantor tertutup adalah…a. Mudah merubah tata letakb. Pekerjaan yang sifatnya rahasia dapat terjagac. Menghemat penggunaan penerangand. Mudah dalam pengawasane. Mudah dalam berkomunikasi dan berkoordinasi antar karyawan2. Dalam bentuk organisasi lini, kepala unit mempunyai yanggung jawab untuk melaporkan kepada … kepala unit diatasnya.a. Satub. Duac. Tigad. Empate. Semua3. Keseluruhan yang menunjukan hubungan antara fungsi-fungsi dan tanggung jawab individu yang memimpin atau bertanggung jawab atas masing-masing fungsinya disebut …a. Hubungan keorganisasianb. Penugasanc. Organisasid. Struktur organisasi e. Keorganisasian4. Program terarah, jelas dan cepat, serta kenaikkan pangkat pejabat fungsional cepat merupakan kebaikan dari struktur organisasi …a. Linib. Fungsionalc. Structural d. Sistematise. Gabungan5. Contoh surat yang harus ditangani secepat mungkin karena penerima harus cepat menanggapi dan menyelesaikannya adalah….a. Surat Panggilanb. Surat Penawaranc. Surat Pesanand. Surat Ucapan Hari Lebarane. Surat Ucapan Ulang Tahun6. Bentuk struktur organisasi dalam perusahaan yang menjelaskan adanya kewenangan dari pimpinan yang dilimpahkan kepada setiap kepala bagian yang memiliki jabatan fungsional dinamakan …a. Organisasi fungsionalb. Organisasi matriksc. Organisasi umumd. Organisasi khsususe. Organisasi perencanaan7. Salah satu fungsi administrasi adalah sebagai…a. Tata usahab. Manajerialc. Perwakiland. Perbekalane. Keuangan8. Kantor adalah tempat atau gedung yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tulis menulis dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Berikut ini bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sebuah kantor adalah …a. Mencatat, menyimpan, mengelola, dan mengiventarisasib. Menghimpun, menggandakan, mencetak, dan mengirimc. Menyimpan, memfotokopi dan mengimputd. Menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim, dan menyimpane. Mengelola, mencetak, mengetik, menyimpan dan membuat dokumen9. Kantor sebagai pemberi pelayanan komunikasi dan perekaman. Hal ini merupakan…a. Fungsi tata usaha kantorb. Unsur kantorc. Pengertian administrasid. Fungsi kantore. Tujuan kantor10. Kantor mempunyai beberapa fungsi. Berikut ini yang merupakan fungsi kantor adalah…a. Tata hubunganb. Memberi informasic. Analisisd. Perwakilane. Manajerial11. Manajemen kantor adalah pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti transportasi, manufacturing, pergudangan dan penjualan. Hal ini merupakan pengertian manajemen kantor menurut…a. George R. Terryb. William spriegel & Ernestc. William Leffingwelld. Arthur Granger12. Yang berhak untuk memberikan persetujuan terhadap konsep surat adalah....a. konseptorb. juru ketikc. sekretarisd. pimpinane. agendaris13. Edwin Robinson Menurut fungsinya, kegiatan administrasi perkantoran dapat dipandang sebagai sub-sistem dari suatu …a. Prosesb. Keluaranc. Lingkungan d. Umpan balike. Output14. Salah satu sarana dan fasilitas kerja perkantoran adalah…a. Waktub. Pelayanan kantorc. Biaya perkantorand. Kantore. Rumah15. Kualitas pekerjaan kantor Tugas personil administrasi keuangan sangat beragam seperti menghimpun, mencatatmengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan tujuan diadakannya kegiatan mengolah adalah …a. Untuk dicatat dan disusun kembali dalam bentuk tulisan b. Untuk digandakan sesuai dengan kebutuhanc. Menyajikan kembali informasi sehingga lebih bergunad. Menyampaikan informasi yang telah digandakan pada pihak yang memerlukane. Menyimpan informasi dengan aman16. Perlengkapan kantor yang berbentuk lembaran adalah…a. Formularb. Staplerc. Perforatord. Letter openere. Hechtmachine17. berikut ini yang termasuk dalam perencanaan perkantoran (office planning), yaitu…a. Waktub. Pelayanan kantorc. Biaya perkantorand. Pengorganisasian perkantorane. osis18. Keseluruhan yang menunjukan hubungan antara fungsi-fungsi dan tanggung jawab individu yang memimpin atau bertanggung jawab atas masing-masing fungsinya disebut …a. Hubungan keorganisasianb. Penugasan c. Organisasid. Struktur organisasi e. Keorganisasian19.. Anggaran (budgeting) perkantoran Dalam bentuk organisasi lini, kepala unit mempunyai yanggung jawab untuk melaporkan kepada … kepala unit diatasnya.f. Satug. Duah. Tigai. Empatj. Semua20. Bentuk struktur organisasi dalam perusahaan yang menjelaskan adanya kewenangan dari pimpinan yang dilimpahkan kepada setiap kepala bagian yang memiliki jabatan fungsional dinamakan …a. Organisasi fungsionalb. Organisasi matriksc. Organisasi umumd. Organisasi khsususe. Organisasi perencanaan​


A. Mudah merubah tata letakA. SatuD. Struktur organisasiB. FungsionalA. Surat PanggilanA. Organisasi fungsionalE. KeuanganD. Menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan,    mengirim, dan menyimpanE. Tujuan kantorB. Memberi informasiB. William spriegel & ErnestD. pimpinanA. ProsesD. KantorC. Menyajikan kembali informasi sehingga lebih bergunaA. FormularC. Biaya perkantoranD. Struktur organisasiF. SatuA. Organisasi fungsional

Pembahasan :

Dalam sebuah organisasi harus tersusun yang namanya struktur organisasi agar setiap jabatan jelas dan terstruktur job desk dan tanggung jawabnya. Dalam sebuah organisasi juga dibentuk sebuah kantor yang didalamnya terdapat ruang-ruang. Dimana kantor tersebut juga harus berfungsi sebagai mestinya yaitu tempat dimana seluruh karyawan berkumpul melakukan pekerjaannya masing-masing. Melakukan pekerjaan tulis menulis dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Tugas yang dilakukan di dalam kantor diantaranya adalah menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim, dan menyimpan dokumen. Di dalam sebuah kantor juga terdapat petugas administrasi yang tugasnya mengatur keuangan. Agar sebuah organisasi berjalan sesuai dengan tujuan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis-jenis peralatan kantor https://brainly.co.id/tugas/14548235Materi tentang struktur organisasi https://brainly.co.id/tugas/14035716Materi tentang hubungan akun akumulasi penyusutan peralatan kantor dengan akun peralatan kantor https://brainly.co.id/tugas/9059895

Detail Jawaban  

Kelas                  : SMP

Mata pelajaran : IPS

Kategori            : -

Kode                 : -

#AyoBelajar #SPJ2


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments